Mantap..!! Tikus Hutan, Salah Satu Makanan Favorit Di Tomohon Sulawesi Utara

Dikenal sebagai Kota Bunga, Tomohon terletak di Sulawesi Utara, Indonesia. Sepanjang jalan, baik sisi kanan akan meninggalkan setiap restoran atau tempat tinggal. Hanya saja, pemandangannya didominasi oleh pohon kelapa.
Salah satu makanan khas dari kota Tomohon adalah daging tikus di hutan Tomohon. Untuk orang Tomohon, tikus yang terkesan menjijikkan bisa diolah menjadi makanan lezat.

.
.

.
.
.

.

____________

Sekilas perjalanan ke pasar ekstrim di Manado!!!

Saat Bu Jen dari PT. Newmont Nusa Tenggara telp dan kasih kabar kalo kita jadi terbang ke Manado untuk berkunjung ke lokasi bekas tambang PT. Newmont Minahasa Raya. Gw langsung conform kalo mau extend, tujuan utama extend hanya pingin melihat PASAR TEREXTREM di Indonesia. Penasaran banget ama nich pasar, apakah bener menjual berbagai jenis binatang yang tak lazim ????
Kasihan Nich Anjing
Jam 4 pagi, kami (Cumi, Iyus, Swarie) sudah keluar dari Hotel Aston Manado untuk berangkat menuju Pasar Beriman Tomohon, karna kalo kesiangan dikit saja maka keextreman dari pasar tersebut akan lenyap dan berubah jadi pasar biasa hehehe. Jantung berdetak tak menentu saat sampai di lokasi, kira2 apa yang akan terjadi, mudah2an kuat iman ngak pingsan J. Dan begitu masuk pasar yang bagian aneh2 langsung pala pusing dan mual, padahal baru melihat kelelawar dan babi saja. Sedangkan yang lain masih blm tersedia karna kita terlalu pagi.
Ikan Cakalang

Ada Penjual Ikan 
Pasar Beriman Tomohon di Sulawesi Utara menyandang gelar sebagai pasar paling extrem. Karena menjual berbagai macam rupa binatang yang tak lazim untuk di makan oleh masyarakat. Pasar Beriman Tomohon ini lokasi nya tidak begitu jauh, sekitar ±60km dari pusat kota manado atau 1 jam perjalanan, kalo sudah sampai di Tomohon banyak petunjuk jalan menuju pasar ini atau tanya ke warga sekitar juga dah tau semua. Pasar ini tidak cocok buat kalian yang pecinta binatang, karna pasti akan protes dan bisa marah2 kalo berkunjung ke Pasar Beriman Tomohon L.
Tikus Sawah Ekor Putih
Paniki atau Kelelawar
Pasar ini sebenar nya tak ubah nya seperti pasar2 lain yang ada di indonesia, menjual berbagai macam kebutuhan antara lain sembako, sayur mayur, ikan, daging dll. Akan tetapi ada 1 blok yg khusus menjual Babi, Anjing, Tikus, Kelelawar/Paniki, Kucing, Ular dll. Dan binatang2 itulah yang terlihat lucu dan imut2, dijadikan olahan santapan makanan oleh sebagian Warga Tomohon ...... TRAGISSSSS.
Kelelawar Sebelum Dibakar
Paniki Dijual Paket Beserta Sayap nya
Akhir nya gue muntah juga setelah mual2 melihat kelelawar di bakar, anjing dah kaku terbakar dan di gletakin diatas meja jadi bahan dagangan, ular terbelah jadi 2 dan siap dimasak, babi berserakan di kios2, tikus sawah ekor putih tersenyum manis menunggu pembeli. Tetapi saya tak melihat kucing di dagangin karna menurut penjual nya, hanya hari sabtu terdapat kucing. Hadehhhhhhh rasa nya mau pingsan melihat semua itu secara umum tersaji didalam kios2 di pasar.
Ular Siap Dimasak
Masyarakat mungkin sudah terbiasa memakan anjing dan babi tapi ini kelelawar bahkan kucing pun di makan. Apapun alasan nya kayak nya ngak perkebinatangan dech kalo sampai kucing pun di makan, yaa tapi inilah TOMOHON.

Untuk kelelawar di jual 10k-30k tergantung besar kecil ukuran nya dan itu termasuk sayap nya J, Kepala Babi hanya 160k, Daging Ular 40k/kg, Tikus 15-20k/ekor, Daging Anjing 25k/kg sedangkan Kucing di jual 75-100k/ekor.
Kalo berminat silahkan datang ke Pasar Beriman Tomohon ...

[cumilebay.com]

Comments

Popular posts from this blog

Doa Bulan Rajab Dan Sya’ban Untuk Menyambut Ramadhan

Lidahnya Dipotong Dengan Gunting Api. Azab Bagi yang Suka Berbohong

Walaupun Ayah Telah Pergi Selamanya, Rinduku Padanya Akan Selalu Ada ...